Mengenal Manfaat Sirih Merah untuk Kesehatan - Singa Depa

Mengenal Manfaat Sirih Merah untuk Kesehatan

Sirih merupakan tanaman asli Indonesia yang tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Sirih merah (Piper ornatum) adalah tanaman yang berasal dari Sulawesi.

Sirih merah adalah tumbuhan yang merambat dan hampir mirip dengan tanaman sirih biasa, yang membedakanya hanyalah pada warna daunya.

Mengenal Manfaat Sirih Merah untuk Kesehatan
Sirih merah ditanam sebagai peneduh canopy carport

Sirih merah banyak ditanam sebagai tanaman hias maupun untuk digunakan sebagai tanaman obat. Tanaman sirih merah masih memiliki kerabat dengan tanaman lada.

Bagi kawan-kawan yang berminat membudidayakannya cukup mudah koq. Cukup dengan stek batang yang sudah tua, dalam waktu paling seminggu sudah bertunas.

Selain sebagai tanaman obat, saya memanfaatkan sirih merah sebagai peneduh di bawah kanopi carport. Sehingga selain dapat dimanfaatkan untuk tanaman obat juga sangat nyaman bila dipakai peneduh, karena tumbuhnya cepat dan berdaun lebar, sehingga carport menjadi teduh.

Demikian manfaat sirih merah yang sangat mudah untuk dibudidayakan.
Mengenal Manfaat Sirih Merah untuk Kesehatan Mengenal Manfaat Sirih Merah untuk Kesehatan Reviewed by Ghost Ships on 4:40 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.