Obat Tradisional untuk Demam pada Anak

Demam adalah kondisi panas tubuh yang berada di atas normal. Pada umumnya suhu tubuh normal berada pada kisaran 36-37,5 derajat celcius. Demam sendiri bukanlah suatu penyakit tetapi merupakan gejala penyakit.
Ilustrasi kompres anak demam. Foto : Republika. http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/parenting/16/01/29/o1oykc328-kompres-dingin-dan-hangat-cocoknya-untuk-sakit-apa
Ilustrasi kompres anak demam. Foto : Republika.
Biasanya orang tua menjadi panik ketika anak-anak mengalami demam tinggi. Ketika demam menyerang anak, pastikan tidak kejang, apabila kejang siapkan sendok yang dibalut kain untuk mengganjal mulut agar tidak tidak tergigit. Selain itu ada beberapa hal yang perlu dilakukan ketika demam menyerang anak, diantaranya :
  • Lepaskan pakaian tebal, selimut maupun jaket, pakailah pakaian nyaman serta tipis.
  • Usahakan agar banyak minum air putih supaya tidak dehidrasi (kekurangan cairan).
  • Bersihkan ruangan serta usahakan agar sirkulasi udara lancar.
  • Kompres bagian kening, ketiak, atau lipatan paha dengan air hangat apabila suhu badan sangat panas.
Selain langkah antisipatif seperti dikemukakan sebelumnya, dapat juga diberikan obat tradisional (herbal) penurun panas. Salah satu obat tradisional penurun panas adalah bawang merah. Bawang merah memiliki kandungan minyak atsiri, sikloaliin, metilaliin, kaemferol, kuersetin dan floroglusin yang efektif untuk menurunkan suhu tubuh.

Cara membuatnya adalah pertama-tama cuci lima butir bawang merah lalu kupas. Kemudian parut atau gerus dan tambahkan minyak kelapa atau minyak kayu putih secukupnya. Setelah itu balurkan ke tubuh anak, terutama bagian ubun-ubun, punggung, perut, paha, lengan dan telapak kaki.

Obat Tradisional untuk Demam pada Anak Obat Tradisional untuk Demam pada Anak Reviewed by Ghost Ships on 3:59 AM Rating: 5

No comments:

loading...
Powered by Blogger.