Manfaat Binahong Untuk Pengobatan - Singa Depa

Manfaat Binahong Untuk Pengobatan

Tanaman Binahong (Bassela rubra linn) atau dalam bahasa Inggris adalah heartleaf maderavine madevine. Disebut heartleaf mungkin karena bentuknya seperti hati. Tanaman Binahong tumbuh merambat.

Binahong adalah tanaman obat yang tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi. Khasiat Binahong  untuk kesehatan ternyata dapat meyembuhkan berbagai macam penyakit ringan maupun berat.

Foto tanaman Binahong.
Foto tanaman Binahong.

Sebenarnya tanaman Binahong sudah lama tumbuh di Indonesia tetapi baru sekarang ini menjadi ramuan herbal sebagai obat alternatif untuk menyembuhkan atau mengurangi beberapa penyakit ringan maupun berat.

Konon katanya, Binahong ini berasal dari Korea. Awalnya dikomsumsi oleh orang Vietnam pada saat perang Vietnam melawan Amerika Serikat pada tahun 1950 sampai 1970-an.

Tanaman Binahong ini sebagian besar dimanfaatkan sebagai tanaman obat bagian daunnya. Meskipun demikian, ternyta manfaat batang dan umbi Binahong juga dapat dijadikan sebagai ramuan herbal.

Diantaranya dari sekian banyak manfaat daun Binahong untuk pengobatan, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Mencegah Kanker
  2. Mempercepat Penyembuhan Luka
  3. Memulihkan Stamina Tubuh
  4. Mencegah Diabetes
  5. Membantu Mencegah dan Mengobati Asma
  6. Mencegah Tekanan Darah Rendah
  7. Meredakan Sakit Batuk
  8. Sebagai Pengobatan Sakit Maag
  9. Mengobati asam urat
  10. Menghangatkan badan
  11. Meningkatkan nafsu makan
  12. Mengatasi jerawat
  13. Mengobati gusi berdarah
  14. Pengobatan hidung mimisan
  15. Mengobati disentri
  16. Digunakan sebagai pengobatan luka bakar
  17. Pengobatan ambeyen berdarah
  18. Mengatasi radang
  19. Menyembuhkan memar
  20. Mencegah stroke
  21. Mengobati sakit kepala
  22. Obat gatal pada kulit
  23. Mencegah radang usus
  24. Menyehatkan tubuh setelah melahirkan
  25. Sebagai obat rematik
  26. Menghaluskan kulit
  27. Mencegah penuaan dini


Selain daunnya, umbi atau rimpang Binahong juga memiliki khasiat untuk menyembuhkan, bisul, tifus, disentri, menjaga kebugaran fisik (ditambah manfaat kuning telur dan madu), mencegah stroke, asam urat dan sakit pinggang. Caranya, ambil umbi Binahong secukupnya, cuci bersih, kemudian rebus, setelah dingin disaring dan hasilnya diambil 2-3 kali sehari.
Efek Samping Daun Binahong

Meskipun banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan, tetapi ternyata ada juga efek samping daun Binahong apabila mengkonsumi berlebihan

Binahong mengandung efedrin yang disebut ephedra yang berpengaruh kepada tekanan darah tinggi, serangan jantung, gangguan otot, kejang, stroke, denyut jantung tidak teratur, kehilangan kesadaran, dan kematian. Setiap herbal atau obat-obatan yang mengandung efedrin harus dikonsumsi dengan hati-hati dan di bawah pengawasan ahli.

Daun Binahong juga dapat menyebabkan pusing, gelisah, lekas marah, insomnia, sakit kepala, kurang nafsu makan, mual, muntah, flushing, kesemutan, kesulitan buang air kecil, dan detak jantung berdebar.

Selain itu, jangan mengkonsumsi Binahong bersamaan dengan kafein. Hal ini dapat meningkatkan kemungkinan memiliki efek samping, termasuk mengancam jiwa. Sumber kafein termasuk kopi, teh, kacang kola.

Binahong sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui.

Itulah manfaat Binahong untuk pengobatan dan efek samping mengkonsumsi ramuan daun Binahong secara berlebihan.
Manfaat Binahong Untuk Pengobatan Manfaat Binahong Untuk Pengobatan Reviewed by Ghost Ships on 7:38 PM Rating: 5

1 comment:

Powered by Blogger.