Khasiat Pisang Ranggap, Herbal untuk Vitalitas dan Diabetes - Singa Depa

Khasiat Pisang Ranggap, Herbal untuk Vitalitas dan Diabetes

Indonesia sangat terkenal akan keanegaraman hayatinya. Salah satunya adalah keanekaragaman tanaman buah. Selain beragam rasa, tetapi juga beragam khasiat. Pisang Ranggap, nampaknya endemis Gunung Galunggung, merupakan salah satu pisang yang memiliki khasiat yang bermanfaat untuk kesehatan.

Sebuah pisang Ranggap diyakini berkhasiat untuk meningkatkan vitalitas.
Sebuah pisang Ranggap diyakini berkhasiat untuk meningkatkan vitalitas.
Pisang (Musa sp.)  atau gedang bahasa Jawa atau cau dalam bahasa Sunda dan banana dalam Bahasa Inggris adalah buah-buahan yang sangat mudah ditemui di Indonesia. Pisang tumbuh liar dan sebagian besar dibudidayakan. Pisang sangat digemari segala usia karena rasanya yang enak.

Pisang mengandung banyak vitamin dan kaya mineral. Sehingga pisang sering dikonsumsi atlit sebagai makanan tambahan.

Berawal dari kunjungan ke wisata alam Kawah Gunung Galunggung, ketika itu melihat pisang berukuran besar. Karena penasaran, sambil nunggu hujan reda, ngobrol-ngobrol dengan pemilik warung di tempat parkir Kawah Gunung Galunggung.

Kawasan Wisata Alam Gunung Galunggung.
Kawasan Wisata Alam Gunung Galunggung.
Menurut pemilik warung, pisang ukuran  besar tersebut bernama pisang Ranggap. Konon katanya, hanya tumbuh di sekitar Gunung Galunggung. Keunikan pisang Ranggap ini adalah tandan buahnya tidak menghadap ke bawah seperti pisang pada umumnya. Pisang Ranggap ini, buahnya berdiri tegak menghadap ke atas (ke langit), makanya sering dikatakan juga Cau Cungit (pisang ngacung ke langit).

Sebuah pisang Ranggap setelah dikupas.
Sebuah pisang Ranggap setelah dikupas.
Selain tumbuhnya unik, ternyata pisang Ranggap ini memiliki khasiat untuk meningkatkan vitalitas pria dan dapat menyembuhkan penyakit gula atau diabetes. Setelah mengkonsumsi pisang Ranggap, biasanya setelah 1 sampai 2 jam, urin akan berwarna lebih kuning.

Apabila dimakan secara langsung setelah matang memang rasanya agak kurang enak. Pisang Ranggap ini seperti tidak ada rasanya alias hambar, malah cenderung sedikit ada rasa pahit. Untuk mengatasinya, pisang Ranggap dapat dikukus atau dibuat pisang goreng.

Karena pisang Ranggap ini memiliki khasiat sebagai ramuan herbal yang dapat meningkatkan vitalitas dan menyembuhkan penyakit gula atau diabetes, nampaknya perlu upaya budidaya tanaman pisang Ranggap.
Khasiat Pisang Ranggap, Herbal untuk Vitalitas dan Diabetes Khasiat Pisang Ranggap, Herbal untuk Vitalitas dan Diabetes Reviewed by Ghost Ships on 8:24 AM Rating: 5

1 comment:

  1. Besar sekali. Bisa nih buat bekal jalan-jalan, kalo laper tinggal HAP.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.