Mengenal Khasiat Buah Dewandaru antara Mitos sampai Mistik - Singa Depa

Mengenal Khasiat Buah Dewandaru antara Mitos sampai Mistik

Dewandaru atau lebih dikenal dengan nama Ciremai Londo adalah salah satu buah yang kaya akan mitosmistik dan bahkan khasiat. Meskipun buahnya kecil tetapi diyakini banyak orang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

Mengenal Khasiat Buah Dewandaru antara Mitos sampai Mistik
Buah Dewandaru, kecil tapi berkhasiat.

Menurut wikipedia, Dewandaru dikenal juga sebagai Ceremai Belanda (Eugenia uniflora), Asam Selong, atau Cerme Belanda. Dewandaru adalah tumbuhan buah yang digolongkan ke dalam familia Myrtaceae yang berasal dari Brasil.

Berdasarkan berbagai bahan bacaan, Dewandaru merupakan tanaman perdu dengan tinggi mencapai 5 meter dan hidup menahun. Batang pohon Dewandaru tegak, berkayu, berbentuk bulat dengan kulit kayu berwarna coklat.

Daun Dewandaru merupakan daun tunggal, berwarna hijau berbentuk lonjong dengan ujung dan pangkal yang meruncing. Daun berukuran sekitar 5 cm dengan tepi daun yang rata dan pertulangan menyirip.

Bunga tunggal dengan daun pelindung kecil berwarna hijau, mahkota bunga berwarna kuning sedangkan benang sari dan putik berwarna putih. Buahnya buni (bulat) dengan diameter sekitar 1,5 cm, berwarna merah. Bijinya kecil, keras, berwarna coklat.

Penyebaran tanaman Dewandaru meliputi Amerika Selatan seperti Suriname, Brazil, Argentina, Urugay, dan Paraguay. 

Sedangkan di Indonesia, Dewandaru dapat ditemukan di beberapa tempat di pulau Jawa, Sumatera, dan pulau-pulau kecil sekitarnya. Salah satu daerah yang dikenal sebagai habitat dewandaru adalah kepulauan Karimunjawa. 

Di Pulau Karimunjawa, kayu Dewandaru sangat kental nuansa magis-nya. Sejarah persebaran pohon Dewandaru hingga sampai ke Indonesia belum diketahui secara pasti. Kecuali berbagai mitos turun temurun yang berkembang di masyarakat.

Berdasarkan berbagai informasi yang beredar, tanaman Dewandaru memiliki khasiat diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Sebagai Antioksidan
  2. Sebagai Antibiotik Alami
  3. Dapat Mengurangi Rasa Sakit
  4. Dapat Menurunkan Tekanan Darah
Mengenal Khasiat Buah Dewandaru antara Mitos sampai Mistik Mengenal Khasiat Buah Dewandaru antara Mitos sampai Mistik Reviewed by Ghost Ships on 2:47 AM Rating: 5

5 comments:

  1. Buah apa ini? Baru tau aku. Klo mau beli dmn ya?

    ReplyDelete
  2. buah apa ini? Baru tau aku. Kalao mau beli dmn ya? www.ipung.net

    ReplyDelete
  3. wah baru tahu namanya dewandaru, tahunya buah ceremai

    ReplyDelete
  4. ini kalau ga salah yang kalau belum matang warnanya kuning kan dan rasanya asem banget. harus di jadikan manisan dulu baru mudah makannya

    ReplyDelete
  5. Wah, baru tau ada buahnya. Aku kira hanya ada kayunya saja.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.