Ciplukan, Gulma yang Memiliki Banyak Khasiat - Singa Depa

Ciplukan, Gulma yang Memiliki Banyak Khasiat

Mungkin masih banyak yang belum tahun tentang buah Ciplukan (Physalis angulata), atau Cecendet (Bahasa Sunda). Buah Ciplukan sebenarnya adalah gulma yang biasanya tumbuh di secara alami di pematang sawah, di kebun atau di pinggir jalan.

Buah Ciplukan atau Cecendet (Physalis angulata)
Buah Ciplukan atau Cecendet (Physalis angulata)  

Meskipun buah tanaman liar, tetapi rasanya enak, asem manis. Sayang sekali sekarang ini agak sulit untuk mendapat buah Ciplukan. Bahkan menurut berita di media sosial, beberapa waktu yang lalu, harga buah Ciplukan mencapai Rp 250-500rb/kg yang dijual di beberapa mall Indonesia.

Selain rasanya yang manis, ternyata banyak khasiat buah Ciplukan. Setiap bagian tumbuhan buah Ciplukan, mulai dari akar, batang, daun hingga buah ternyata memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

Khasiat akar Ciplukan, dapat digunakan untuk obat cacing dan penurun demam. Sedangkan khasiat daun buah Ciplukan dapat digunakan untuk menyembuhkan patah tulang, busung air, bisul, borok, penguat jantung, keseleo, nyeri perut, dan kencing nanah.

Sementara itu khasiat batang Ciplukan lebih banyak lagi. diantaranya dapat mengobati asma, menurunkan tekanan darah tinggi, membantu mengobati penyakit stroke, mengobati kencing manis, dan dapat sebagai penawar racun.

Khasiat buah Ciplukan dapat digunakan untuk menurunkan demam pada anak. Buah ciplukan yang di campur air, jeruk nipis, dan sedikit gula ternyata dapat meningkatkan kecerdasan anak.

Itulah beberapa khasiat Ciplukan untuk kesehatan.
Ciplukan, Gulma yang Memiliki Banyak Khasiat Ciplukan, Gulma yang Memiliki Banyak Khasiat Reviewed by Ghost Ships on 6:44 PM Rating: 5

1 comment:

Powered by Blogger.